Jumat, 07 Oktober 2016

Listrik

Jaringan listrik

Kombinasi dari elemen listrik yang berbeda atau komponen yang sedang terhubung dengan cara apapun disebut jaringan listrik

Jaringan kompleks

Sebuah Circuit yang berisi tentang berbagai elemen listrik seperti resistor, kapasitor, induktor, sumber arus dan sumber tegangan (baik AC dan DC) disebut jaringan Complex. Jenis-jenis jaringan tidak dapat diselesaikan dengan mudah oleh UU sederhana ohm atau hukum Kirchhoff. Yaitu kita memecahkan sirkuit ini dengan teknik tertentu yaitu Teorema Norton, Teorema Thevenin, Superposisi teorema dll  

Rangkaian atau sirkuit listrik

Sirkuit jalan close loop memberikan jalan kembali untuk saat ini. Atau jalur konduksi dekat di mana arus dapat mengalir disebut sirkuit


 

Jenis Sirkuit Listrik

Ada banyak jenis sirkuit listrik.  Di sini kita akan membahas secara singkat satu per satu.

Rangkaian seri = di sirkuit ini, semua elemen listrik (Tegangan atau Current sumber, induktor, kapasitor, resistor dll) yang terhubung dalam seri yaitu   Hanya ada satu jalan untuk bepergian listrik dan tidak ada cabang lain terdiri di sirkuit ini.

Sirkuit paralel = di sirkuit ini, semua elemen listrik (Tegangan atau Current sumber, induktor, kapasitor, resistor dll) yang terhubung secara paralel yaitu   Ada banyak jalan untuk bepergian listrik dan cabang-cabang minimum di sirkuit ini adalah dua.

Sirkuit seri-paralel = jika elemen sirkuit yang terhubung seri di beberapa bagian dan paralel pada orang lain, itu akan menjadi rangkaian seri-paralel. Dengan kata lain, ini adalah kombinasi dari rangkaian seri dan paralel.

Sirkuit bintang-Delta

Bintang-Delta Circuit = ini bukan seri atau rangkaian paralel atau seri-paralel. Di sirkuit ini, elemen listrik yang terhubung sedemikian rupa sehingga tidak terdefinisi dalam hal Series, paralel atau seri konfigurasi paralel. Ini jenis sirkuit dapat diselesaikan oleh Star Delta Transform atau transformasi Delta Star.

Berikut ini adalah sirkuit yang lebih berasal dari Seri , paralel, dan sirkuit Seri-paralel

Pure Circuit resistifPure Circuit InductivePure Circuit CapacitiveResistif, induktif Circuit yaitu RL Circuit (Seri & Paralel)Resistif, kapasitif Circuit yaitu RC Circuit (Seri & Paralel)Kapasitif, Sirkuit Inductive yaitu Sirkuit LC (Seri dan Paralel)Resistif, induktif, kapasitif Circuit RLC Circuit (Seri & Paralel)

Ini semua sirkuit ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

  

Dalam rangkaian di atas, semua komponen yang disebutkan di atas atau elemen dapat dihubungkan secara seri, paralel, atau dalam konfigurasi seri-paralel.

Mari kita pergi untuk membahas beberapa rangkaian listrik lagi yang Anda harus tahu sebelum memulai untuk menganalisis rangkaian listrik atau jaringan.

rangkaian linier

Sebuah rangkaian linear adalah sirkuit listrik yang parameter sirkuit (Resistance, induktansi, kapasitansi, gelombang, frekuensi dll) adalah konstan. Dengan kata lain, sirkuit yang parameter tidak berubah sehubungan dengan saat ini dan Tegangan disebut Circuit Linear.

sirkuit non linear

Sebuah rangkaian nonlinear adalah sirkuit listrik yang parameter bervariasi sehubungan dengan Current dan Tegangan. Dengan kata lain, sebuah sirkuit listrik di mana parameter sirkuit (Resistance, induktansi, kapasitansi, gelombang, frekuensi dll) tidak konstan, disebut Circuit Non Linier.

Perbedaan utama antara Linear dan Nonlinear Circuit

sirkuit unilateral

Di sirkuit unilateral, milik sirkuit berubah dengan perubahan arah dari tegangan suplai atau arus. Dengan kata lain, sirkuit unilateral memungkinkan arus mengalir hanya dalam satu arah. Dioda rectifier adalah contoh terbaik dari sirkuit sepihak karena tidak melakukan pembetulan di kedua arah pasokan.

sirkuit bi-lateral

Di sirkuit bilateral, milik sirkuit tidak berubah dengan perubahan arah dari tegangan suplai atau arus. Dengan kata lain, sirkuit bilateral memungkinkan arus mengalir di kedua arah. Jalur transmisi adalah contoh terbaik dari sirkuit bilateral karena, jika Anda memberikan pasokan dari segala arah, sifat sirkuit tetap konstan

Perbedaan antara unilateral dan Sirkuit Bi-Lateral & Elemen

Parameter sirkuit atau Konstanta dan istilah terkait

komponen yang berbeda atau elemen yang digunakan dalam Sirkuit Listrik disebut parameter sirkuit atau konstanta yaitu resistensi, kapasitansi, induktansi, frekuensi dll parameter ini dapat disamakan atau didistribusikan.

Sirkuit aktif

Sebuah sirkuit yang berisi satu atau E.MF lebih (Electro motif force) sumber disebut Circuit Aktif

pasif Circuit

Sebuah sirkuit, di mana tidak ada satu sumber EMF ada disebut Pasif Circuit

Perbedaan utama antara Komponen aktif dan pasif (Penjelasan Sangat Mudah dengan Contoh)

 penting hal terkait lainnya untuk Sirkuit Listrik dan Jaringan

Node

Sebuah titik atau persimpangan di mana dua atau lebih elemen sirkuit (resistor, kapasitor, induktor dll) bertemu disebut Node

Cabang

Yang sebagian atau bagian dari sirkuit yang menemukan antara dua persimpangan disebut cabang

Dalam cabang, satu atau lebih elemen dapat dihubungkan dan mereka memiliki dua terminal.

putaran

Sebuah jalan tertutup di sirkuit di mana lebih dari dua jerat dapat terjadi disebut lingkaran yaitu mungkin ada banyak jerat dalam satu lingkaran, tapi mesh tidak mengandung satu lingkaran.

bertautan

Sebuah loop tertutup yang tidak mengandung lingkaran lain dalam atau jalan yang tidak mengandung pada jalur lain disebut Mesh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar